6 fakta tentang hewan klaper

admin Artikel

1. Apa itu hewan klaper
Hewan klaper adalah sebutan orang Mojokerto pada serangga kecil sejenis laron yang muncul dari sungai. Klaper dalam bahasa Indonesia adalah lalat capung. Sedangkan dalam klasifikasi nya, klaper termasuk dalam Ordo Ephemeroptera.
Text

2. Klaper tinggal di dlm air sungai
Banyak yang menduga kalau klaper itu seperti Laron, yang tinggal di dalam tanah seperti rayap. padahal tidak, ordo Ephemeroptera pada fase larvae hidup di dasar sungai yg berlumpur, meskipun pada aliran sungai yang deras. di negara lain, ordo Ephemeroptera tinggal di danau.
Text

3. Umur klaper sangat singkat. 2 – 3 jam saja.
Sebenarnya masa hidup hewan ini tidak singkat. di dalam air, hewan ini dari fase larva menjadi fase dewasa, butuh waktu 1-3 tahun, tergantung jenis species nya. pada fase dewasa hanya hitungan jam saja (2-3 jam) . masa dewasa digunakan untuk kawin dan menetaskan telur.
4. Telur klaper betina 400-3000 butir
1 klaper betina dapat mengeluarkan telur sebanyak 400 – 3000 butir. hewan ini akan menetaskan telur nya ada permukaan air .
5. Bertelur di sungai bagian atas (upstream)
Klaper akan melepaskan telur nya pada posisi sungai yg atas (upstream), hal ini dikarenakan telur yg mereka lepas, bisa hanyut lagi dan berhenti di habitat mereka kembali.
6. Bahaya klaper
Klaper sangat berbahaya sekali apabila berkumpul banyak dan jatuh di atas aspal. Hal ini dikarenakan klaper yg berisi telur bersifat licin dan membahayakan pengendara terutama R2. dibawah ini ad contoh detik detik pengendara R2 yang hampir terlindas truk karena terjatuh di Jembatan Ngrame, Pungging Kab. Mojokerto. Sumber Video : Facebook Ady AN Yixuan

* disadur dari https://en.wikipedia.org/wiki/Mayfly