Sempat hanyut puluhan jam, akhirnya jenazah Agil diketemukan.

Semar Relawan Jombang berita kejadian, Semar Jombang

17 Oktober 2018

Jombang. (www.semarrelawan.or.id) Korban tenggelam di Sungai Brantas bertepatan lokasi di Dsn. Tanggungan RT. 02 RW. 01 Ds. Tanggungkramat Kec. Ploso Kab. Jombang atas nama AGIL LINDU FIRMANSYAH (11 tahun) ahirnya diketemukan tidak jauh dari tempat kejadian musibah sekitar 70 m dari titik awal.

Bermula saat Agil (korban) bersama 5 (lima) anak bermain sepak bola. pada hari Selasa 16 Oktober 2018 pukul 15.00 wib korban dan teman – temannya mandi di sungai brantas. Dan pada pukul 15.15 wib bermain perahu dengan batang pisang, karena batang pisang terlalu kecil sehingga batang pohon pisang itu terbalik. 15 menit kemudian warga melihat 2 anak tersebut tenggelam dan mencoba untuk menyelamatkan, namun hanya 1 (satu) anak yang terselamatkan karena sangat dalam dan besarnya arus dalam sungai.

Setelah berusaha pencarian yang di lakukan warga akhirnya belum menemukan hasil, lalu kejadian tersebut dilaporkan ke pemerintah desa setempat untuk ditindaklanjuti ke BPBD Jombang. Pada pukul 17.06 wib Tim BPBD Jombang melakukan koordinasi dengan BASARNAS.

Pada pukul 19.00 wib Tim BPBD Jombang dan Tim BNPP (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) melakukan penyisiran sampai dengan pukul 23.00 WIB, dan masih belum menemukan hasil dan tanda-tanda korban tampak dipermukaan.

pada hari Rabu 17 Oktober 2018 pukul 07.00 wib penyisiran dilakukan bersama beberapa unsur relawan, sekitar pukul 13.54 wib korban timbul kepermukaan dan tersangkut jaring pencari ikan yang sengaja dipasang agar korban tidak terseret arus.

Pukul 14.09 wib korban sampai di rumah duka, dan dilakukan autopsi oleh petugas RSUD Ploso. Kemudian dilanjutkan pemakaman sesuai adat yang berlaku.

“Janganlah bermain di sepanjang bantaran sungai, perlu peran serta orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap aktifitas anak” ujar bang Peppy koordinator lapangan (BPBD Jombang)

red.smr-1.79